logo-raywhite-offcanvas

26 Jan 2024

Mengintip Tradisi Imlek di Indonesia

Mengintip Tradisi Imlek di Indonesia

Tahun baru Imlek merupakan perayaan setiap pergantian tahun dalam kalender China atau kalender Lunar oleh masyarakat Tionghoa. Imlek berasal dari kata Im yang berarti “bulan” dan Lek yang berarti “penanggalan”. Tujuannya yaitu sebagai wujud atau bentuk rasa syukur untuk bisa menyambut tahun yang baru. Di Indonesia yang merupakan negara kepulauan dan penuh keberagaman suku dan budayanya pun juga turut menghargai dan merayakan Imlek oleh masyarakat yang berasal dari Tionghoa. Setiap perayaan Imlek, ada banyak tradisi yang dilakukan, berikut beberapa tradisi saat perayaan imlek yang menjadi ciri khas setiap tahunnya.

 

1.   Serba Warna Merah

 

Tahun baru Imlek tidak jauh dari warna yang serba merah dan sangat menonjol. Warna merah adalah warna yang sangat identik dengan perayaan Imlek atau tahun baru Cina, sehingga segala dekorasi seperti pohon, lampion, barongsai, pakaian, angpao, dan pernak-pernik rumah pasti berwarna merah. Masyarakat Tionghoa sangat percaya bahwa warna merah menunjukkan, kekuatan, kelimpahan, kebahagiaan yang terpancar dan membawa keberuntungan.

 

2.  Berbagi Angpao

 

Tradisi berbagi angpao merupakan hadiah atau pemberian dalam bentuk uang dalam tahun baru China yang telah dilakukan sejak zaman Dinasti Qin (221-206 SM). Angpao berasal dari kata ang yang berarti “merah” dan pao yang berarti “amplop”. Pemberian angpao menjadi bentuk rasa syukur orang dewasa yang telah memiliki penghasilan atau sudah menikah dan biasanya angpao diberikan kepada keluarga yang masih lajang atau anak-anak. Warna merah pada angpao menggambarkan rasa gembira, energi positif, dan semangat dengan harapan sang penerima mendapatkan keberuntungan baik sepanjang tahun.

Pemberian angpao juga tidak bisa sembarangan, terdapat aturan yang harus di taati, seperti angpao wajib berwarna merah, tidak boleh angka ganjil dan angka 4, serta angpao harus diberikan langsung kepada penerimanya. Tak hanya saat imlek, pemberian angpao juga bisa diberikan saat kelulusan, ulang tahun, kelahiran dan pernikahan sebagai tanda kebahagiaan.

 

 

 

3.  Makan dan Berkumpul Bersama Keluarga

 

Pada saat perayaan Imlek, perkumpulan keluarga dan makan bersama merupakan hal yang penting, karena menjadi silaturahmi, berbagi kebahagiaan, dan pemersatu keluarga besar yang sudah lama tidak bertemu. Biasanya kumpul keluarga dibarengi dengan kegiatan yang seru, berbincang-bincang dan sembahyang kepada sang leluhur bagi yang beragama Konghucu di Klenteng atau bisa juga di rumah dengan menyajikan persembahan seperti makanan dan menyalakan dupa.

 

4.  Barongsai

 

Tarian tradisional Cina yang meriah dan menjadi salah satu ciri khas saat perayaan imlek yaitu Barongsai. Barongsai terdiri dari dua jenis, yaitu singa utara dan singa selatan. Singa utara memiliki surai ikal dan berkaki empat, penampilan terlihat lebih natural namun gerakannya lebih lincah. Sedangkan singa selatan memiliki sisik, bertanduk, jumlah kaki bervariasi, dan gerakannya melonjak-lonjak. Tarian ini memerlukan dua orang untuk menari gerakan silat akrobatik, menggunakan pakaian berkepala singa berbadan naga, kemudian diiringi dengan drum, simbal dan gong agar lebih meriah. Pertunjukan barongsai bertujuan untuk mengusir roh jahat dan dipercaya sebagai pembawa keberuntungan dan kemakmuran.  

 

Kegiatan yang menyenangkan  di rumah bersama keluarga saat perayaan Imlek merupakan momen yang tak terlupakan, karena menghabiskan waktu bersama yang belum tentu terulang lagi. Kenyamanan dalam rumah sangat penting, karena itu Ray White Property Management hadir sebagai sebuah solusi untuk anda yang ingin memiliki hunian terbaik di wilayah Jakarta. Anda dapat mengunjungi Ray White Property Management di Gedung Lippo Thamrin lantai 5 unit 5-02 Jalan M.H. Thamrin No. 20 Jakarta Pusat atau hubungi kami di (021) 2918 - 5234.

 

 

 Referensi :

 

https://www.suara.com/news/2022/01/11/193924/mengenal-sejarah-dan-makna-angpao-dalam-tradisi-perayaan-imlek

https://indonesiabaik.id/infografis/makna-angpau-dalam-perayaan-imlek

           https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230118200004-284-902243/9-tradisi-imlek-di-indonesia-bukan-cuma-berbagi-angpao/2

Share