logo-raywhite-offcanvas

11 Aug 2023

Tokoh dibalik Kemerdekaan RI dan Perannya

Tokoh dibalik Kemerdekaan RI dan Perannya

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan tonggak sejarah yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Di balik peristiwa bersejarah tersebut, terdapat banyak tokoh yang memiliki peran dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Para tokoh tersebut berperan dalam perjuangan fisik, diplomasi, perumusan naskah proklamasi, hingga penyebaran berita proklamasi ke dalam dan luar negeri. Berikut ini adalah lima tokoh di balik peristiwa Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945, lengkap dengan perannya.

 

1.      Ir. Soekarno

Ir. Soekarno adalah tokoh utama perjuangan kemerdekaan Indonesia, dan merupakan pimpinan dari Partai Nasional Indonesia (PNI) yang menjadi partai pergerakan terbesar di Indonesia pada masa itu. Beliau sangat aktif dalam memimpin gerakan pro-kemerdekaan, baik melalui jalur politik maupun jalur diplomatik. Persatuan Perjuangan (PP) sebagai organisasi massa yang dibentuknya bertujuan mempersatukan seluruh gerakan pro-kemerdekaan di Indonesia. Pada tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno memproklamirkan kemerdekaan Indonesia di lapangan Ikada, Jakarta. Keberanian Soekarno dalam memproklamirkan kemerdekaan tersebut membuatnya dijuluki sebagai Bung Karno atau Pahlawan Proklamasi. Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamirkan, Soekarno terus memimpin negara sebagai presiden pertama Indonesia. Ia juga berperan penting dalam merumuskan ideologi negara, yaitu Pancasila, dan membentuk sistem pemerintahan yang berdasarkan pada demokrasi terpimpin.

 

2.      Drs. H. Mohammad Hatta

Mohammad Hatta  sangat berpengaruh dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ia salah satu pendiri Partai Sarekat Islam yang akhirnya menjadi salah satu faktor utama dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.Beliau bertugas menyusun teks proklamasi, memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, dan menandatangani teks proklamasi atas nama bangsa Indonesia bersama Ir. Soekarno. Selain itu, beliau juga pemberi ide kalimat teks proklamasi “hal-hal tentang pemindahan kekuasaan dan lain-lain dilaksanakan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya”. Peran penting lain dari Hatta dalam kemerdekaan Indonesia adalah sebagai pemimpin delegasi Indonesia dalam Konferensi Meja Bundar yang akhirnya menghasilkan pengakuan internasional atas kemerdekaan Indonesia.

 

3.      Sayuti Melik

Sayuti Melik atau Mohamad Ibnu Sayuti dicatat dalam sejarah Indonesia sebagai tokoh proklamasi yang mengetik naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Beliau juga dikenal sebagai sosok yang mengubah kalimat “wakil-wakil bangsa Indonesia” menjadi “atas nama bangsa Indonesia” dalam konsep naskah proklamasi. Setelah Indonesia merdeka, Sayuti Melik diangkat sebagai Menteri Penerangan pada Kabinet Amir Sjarifuddin. Dia bertanggung jawab dalam membangun infrastruktur informasi dan propaganda pemerintah. Dia juga memperjuangkan kebebasan pers dan hak asasi manusia. Sayuti Melik memiliki kontribusi besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dan pengembangan bangsa.

 

4.      Fatmawati

Istri Ketiga presiden Ir. Soekarno ini dikenal berjasa dalam kemerdekaan Indonesia sebagai penjahit Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih yang dikibarkan ketika upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Akan tetapi, beliau juga memiliki peran yang sangat penting bagi kemerdekaan Indonesia. Fatmawati secara aktif bergabung dengan Persatuan Wanita Republik Indonesia (PERWARI) dan Gerakan Wanita Indonesia (Gerwani) serta bertindak sebagai anggota pergerakan sosial dan politik lainnya. Fatmawati juga memainkan peran penting dalam mengamankan dokumen-dokumen proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Pada saat suaminya, Presiden Soekarno sedang merumuskan teks proklamasi, Fatmawati dan sekelompok perempuan lainnya merebut kertas pembuat proklamasi asli dan membawanya ke tempat yang lebih aman. Maka dari itu beliau dianggap sebagai salah satu pahlawan wanita Indonesia.

 

5.      Sutan Sjahrir

Sutan Sjahrir dikenal memiliki intelektual tinggi dalam pergerakan nasional. Ia adalah tokoh proklamasi yang pertama mendengan kabar bahwa Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu setelah pengeboman di Hiroshima dan Nagasaki. Kabar ini membuat Sjahrir langsung membawa Ir. Soekarno ke Rengasdengklok untuk menyusun naskah proklamasi Indonesia. Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, Sutan Sjahrir diangkat menjadi Perdana Menteri pertama Indonesia dan bersama-sama dengan para pemimpin nasional lainnya berhasil menghadapi berbagai tantangan dalam membangun negara yang baru lahir. Selain itu, Sutan Sjahrir juga memperjuangkan demokrasi dan kebebasan individu sebagaimana tercermin dalam Pancasila, yaitu lima dasar filsafat negara Indonesia.

 

6.      Laksamana Tadashi Maeda

Laksamana Maeda merupakan Perwira Tinggi Angkatan Laut di Hindia Belanda saat Perang Pasifik. Ia berperan dalam Kemerdekaan Indonesia karena mengizinkan rumahnya digunakan sebagai tempat perumusan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Beliau berbicara di hadapan Soekarno dan tokoh-tokoh nasionalis Indonesia lainnya untuk membahas kemerdekaan Indonesia dan menjadi mediator antara Jepang dan Indonesia dalam perundingan pembentukan Negara Indonesia setelah Indonesia merdeka. Selain itu, Laksamana Maeda membantu menerbitkan maklumat yang mendukung kemerdekaan Indonesia bersama dengan tokoh nasionalis Indonesia dan membantu menerbitkan maklumat yang mendukung kemerdekaan Indonesia, seperti Pembukaan UUD 1945 dan Piagam Jakarta.

 

Dalam artikel ini, kita telah mengenal lebih dekat tokoh-tokoh penting yang berperan besar dalam meraih kemerdekaan Indonesia. Tanpa peran mereka, mungkin Indonesia masih akan berada di bawah penjajahan. Oleh karena itu, peringatan Hari Kemerdekaan haruslah dijadikan momentum untuk mengingat dan menghargai jasa-jasa para pahlawan kemerdekaan. Kita juga harus terus mengingat nilai-nilai perjuangan mereka, seperti keberanian, kesetiaan, dan semangat nasionalisme, sebagai inspirasi dan semangat bagi generasi masa depan yang akan terus menerus memajukan Indonesia.

 

Maka dari itu sebagai warga Indonesia yang merdeka, kita diingatkan betapa pentingnya mempertahankan kemerdekaan itu sendiri. Salah satu bentuk kepedulian kita sebagai warga adalah dengan memperhatikan kebutuhan hunian, yang menjadi hak setiap orang. Jangan lupa untuk mempercayakan segala kebutuhan Anda seputar hunian kepada Ray White Property Management. Kami hadir sebagai sebuah solusi untuk anda yang ingin memiliki hunian terbaik di wilayah Jakarta. Anda dapat mengunjungi Ray White Property Management di Gedung Lippo Thamrin lantai 5 unit 5-02 Jalan M.H. Thamrin No. 20 Jakarta Pusat atau hubungi kami di (021) 2918 - 5234. Mari bersama-sama menjaga kemerdekaan Indonesia dengan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar!

 

 

 

Reference :

Kompas.com (2022). Tokoh-tokoh yang Berjasa dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Dikutip dari https://www.kompas.com/skola/read/2022/08/25/111753669/tokoh-tokoh-yang-berjasa-dalam-proklamasi-kemerdekaan-indonesia?page=all#google_vignette

Nurul Aulia, A. (2022).Inspiratif, Ini Tokoh Proklamasi dan Perannya yang Diajarkan pada Si Kecil. Dikutip dari https://www.orami.co.id/magazine/tokoh-proklamasi

Destiara, A, P. (2023). Biografi Laksamana Maeda serta Perannya dalam Kemerdekaan Indonesia. Dikutip dari https://katadata.co.id/agung/lifestyle/64c8a9887df9e/biografi-laksamana-maeda-serta-perannya-dalam-kemerdekaan-indonesia

Share