logo-raywhite-offcanvas

16 Aug 2024

79 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia

79 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia

Bulan Agustus adalah bulan bersejarah bagi Indonesia, tepatnya pada 17 Agustus dimana seluruh rakyat merayakan kemerdekaan Indonesia. Hari bersejarah tahun ini disiapkan dengan penuh persiapan oleh pemerintah Indonesia.

 

Peringatan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia (RI) menjadi salah satu peringatan berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Upacara tahun ini, tidak hanya dilakukan di Istana Negara Jakarta, tapi juga di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur.

 

Dimulai dari adanya penyelenggaraan kirab bendera merah putih dan naskah proklamasi yang dilaksanakan pada Sabtu 10 Agustus 2024 yang lalu, dimana kirab dilakukan mulai dari Monas, Jakarta sampai ke IKN dengan penerbangan melalui bandara Halim Perdanakusuma.

 

Berbagai persiapan juga dilakukan oleh pemerintah untuk pelaksanaan upacara tahun ini. Mulai dari pembangunan infrastruktur IKN, tetapi juga persiapan-persiapan lain yang dilakukan oleh pemerintah, seperti menyiapkan fasilitas akomodasi mulai dari hotel maupun guest house yang akan digunakan oleh para tamu undangan.

 

Dan di hari kemerdekaan yang ke-79 ini juga merupakan Upacara terkahir bagi Presiden Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia yang ke-7.

 

Diadakan di Dua Tempat

Dengan tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju” peringatan Ke-79 Kemerdekaan Indonesia tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya dan menjadi spesial karena juga menjadi salah satu momentum transisi perpindahan Ibukota negara. Dan karena itu upacara diadakan di dua tempat berbeda yaitu Istana Merdeka di Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

 

Nantinya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan menjadi pemimpin upacara di IKN, sementara Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan menjadi pemimpin upacara di Istana Merdeka Jakarta. Di IKN Presiden Jokowi akan didampingi Presiden terpilih Prabowo Subianto dan di Istana Negara Jakarta Ma’ruf Amin akan didampingi wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

 

Sementara itu, upacara  detik-detik proklamasi dan pengibaran bendera merah putih di IKN akan dilakukan pada pukul 08.30 WIB atau 9.30 WITA, sementara di Jakarta pada pukul 10.00 WIB atau 11.00 WITA.

 

Peserta Upacara di IKN Terbatas

Walaupun beberapa pembangunan infrastruktur dipercepat dan akan digunakan untuk upacara kemerdekaan, tetapi belum bisa digunakan secara total dan dalam kapasitas besar. Oleh sebab itu, peserta upacara HUT RI di IKN akan tetap terbatas. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono pada 1 Agustus 2024.

Untuk kapasitas peserta upacara di IKN hanya 1.000-an undangan untuk upacara pengibaran dan 1.000-an undangan untuk penurunan bendera. Terkait tamu undangan HUT RI di IKN antara lain presiden dan ibu negara, para mantan presiden, pimpinan lembaga negara, menteri, panglima TNI, kapolri, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh budaya, masyarakat umum dan pekerja di IKN.

Sementara itu, tata upacara militer akan dilakukan di IKN pada pukul 10.00 WIB atau 11.00 WITA dan juga terdapat aksi pesawat tempur oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI).

 

Beberapa Infrastruktur Akomodasi Siap Digunakan

Infrastruktur dan akomodasi menjadi hal penting yang harus diperhatikan, apalagi IKN masih dalam proses pembangunan hingga saat ini. Beberapa akses jalan menuju istana negara di IKN sudah siap digunakan, lalu ada beberapa jembatan juga yang sudah dapat digunakan. Tempat parkir untuk kendaraan juga disiapkan yang berada di luar wilayah inti lokasi upacara.

 

Bukan hanya infrastruktur jalan, akomodasi lain seperti tempat penginapan juga disiapkan oleh pemerintah seperti hotel atau guest house. Sejak awal juni, pengerjaan proyek infrastruktur di IKN intensitasnya cukup tinggi hingga melibatkan 27 ribu orang.

 

Maka dari itu, sebagai warga negara kita patut bangga dengan adanya IKN yang baru dalam  merayakan kemerdekaan Indonesia tahun ini dan juga harus semakin peduli pada Indonesia. Salah satu bentuk kepedulian kita sebagai warga adalah dengan memperhatikan kebutuhan hunian, yang menjadi hak setiap orang. Jangan lupa untuk mempercayakan segala kebutuhan Anda seputar hunian kepada Ray White Property Management. Kami hadir sebagai sebuah solusi untuk anda yang ingin memiliki hunian terbaik di wilayah Jakarta. Anda dapat mengunjungi Ray White Property Management di Gedung Lippo Thamrin lantai 5 unit 5-02 Jalan M.H. Thamrin No. 20 Jakarta Pusat atau hubungi kami di (021) 2918 - 5234. Mari bersama-sama menjaga kemerdekaan Indonesia dengan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar!

Share
Search
Tag