logo-raywhite-offcanvas

02 Jul 2020

Property Management

Property Management

Dalam dunia bisnis properti hanya dikenal dua jenis transaksi, jual-beli dan sewa-menyewa, setiap transaksi memiliki pasarnya masing-masing dan seni yang berbeda beda dalam penanganannya.

Di Indonesia dan mungkin bagi banyak kita kurang familiar dengan Property Management,  tetapi mungkin sangat familiar dengan sewa menyewa rumah. Sementara di Negara Negara lain dalam setiap transaksi sewa menyewa rumah dipastikan harus ada Property Management didalamnya. Banyak dari kita yang tidak terlalu menganggap pentingnya Property Management karena merasa bahwa rumah yang disewakan mampu ditangani sendiri  oleh marketing tetapi seiring perjalanannya bahwa rumah yang disewakan ternyata punya banyak masalah selama masa sewa sehingga membuat marketing justru kehabisan waktu untuk menangani properti yang disewa. Sementara seharusnya marketing bisa lebih produktif beraktivitas untuk melakukan listing, showing atau meeting dengan calon penyewa dan atau pemilik. Hal ini akhirnya berdampak menjadi kurangnya minat dalam menjalankan sewa baik oleh marketing karena terkesan sangat komplikated dan juga para pemilik rumah menjadi trauma menyewakan rumahnya dikarenakan kondisi rumahnya menjadi tidak terawatt atau rusak saat masa sewa berakhir.  

Sementara bisnis sewa menyewa rumah harusnya bisa menjadi primadona dikarenakan sebenarnya memiliki pasar tersendiri, proses waktu yang relative singkat dan memiliki sisi urgensi.

Siapa pasarnya? Sebagian besar penyewa yang kami tangani adalah ekspatriat yang bekerja di Jakarta, perusahaan-perusahaan, lembaga pemerintahan dan kedutaan kedutaan besar yang ada di Jakarta

Seberapa singkat proses waktunya ? dari apa yang kami jalani selama kurang lebih 8 tahun, rata rata proses waktunya sekitar 1 – 3 bulan mulai dari melihat properti sampai pada penempatan properti tersebut.

Apa sisi urgensinya ? jenis klien seperti yang diutarakan diatas yang bermaksud untuk menyewa rumah dipastikan karena memiliki alasan bahwa mereka harus memulai pekerjaan di Jakarta secepatnya atau mungkin masa sewa dari rumah sebelumnya sudah hampir selesai

 Dunia sewa menyewa memiliki seni dan keindahannya sendiri dan banyak orang yang mungkin kurang memahami indahnya dunia sewa menyewa. Sebelum kita membahas lebih detail tentang Property Management maka akan lebih baik jika kita kita mengetahui detail yang ada dalam sewa memyewa rumah.

Banyak orang Indonesia yang memiliki rumah lebih dari 1 unit, ada diantara mereka yang enggan untuk menyewakan rumahnya dengan berbagai alasan, salah satu alasannya mereka takut jika rumah atau propertinya rusak setelah masa sewa berakhir, apalagi jika rumah atau properti tersebut berada di area-area  terbaik di Jakarta seperti area kemang, kebayoran baru, menteng, pondok indah dan lain lain. Sementara mereka tidak berniat menjual rumahnya tetapi tidah juga disewakan dikarena ketakutan akan kerusakan properti, maka banyak dari pemilik rumah yang membiarkan rumah tersebut kosong dan hanya di jaga oleh petugas keamanan. Sementara mungkin 1 kali dalam seminggu ada asisten rumah tangga yang datang untuk membersihkan rumah tersebut. Dapat dibayangkan bahwa rumah yang tadinya merupakan sebuat asset yang harusnya dapat dikembangkan untuk mendatangkan pemasukan keuangan tetapi justru rumah tersebut mengeluarkan biaya rutin yang harus dibayarkan pemilik setiap bulannya. Mulai dari biaya listrik, biaya lingkungan, biaya perawatan rumah dan mungkin kolam renang didalamnya jika ada. Berangkat dari hal ini maka akan lebih baik jika anda menyewakan properti tersebut terlebih jika properti anda berada di area area seperti yang disebutkan diatas sehingga pemilik tidak perlu keluar uang untuk membayar biaya kebutuhan dari rumah tersebut melainkan pemilik memiliki pemasukan tambahan dari rumah tersebut, inilah yang disebut investasi. Pemilik rumah tidak perlu lagi merasa ketakutan jika rumahnya tidak terawat atau bahkan rusak setelah masa sewa berakhir, karena kami mengerti apa saja yang diinginkan pemilik pada rumah tersebut selama masa sewa :

  • Penyewa yang Bertanggung Jawab

Sebagai pemilik rumah pasti ingin mendapatkan penyewa yang merawat rumahnya dengan baik selama masa sewa dan tidak merusaknya.

  • Pembayaran uang sewa yang tepat waktu

Berdasarka kondisi yang terjadi bahwa ada saja penyewa yang suka untuk mengulur pembayaran dan hal ini pasti sangat tidak diinginkan oleh pemilik.

  • Properti tetap dalam kondisi yang baik dan terawat setelah berakhirnya masa sewa.

Rumahku istanaku, pemilik pasti menginginkan rumahnya tetap dalam kondisi yang baik saat masa sewa berakhir sehingga rumah tersebut bisa langsung disewakan lagi kepada yang lainnya.

  • Komunikasi yang tetap dijaga secara terus menerus

Pemilik berhak mengetahu kondisi propertinya selama masa sewa berlangsung, dan ini hanya bisa dilakukan jika kita memelihara komunikasi yang baik selama masa sewa

  • Diatas semuanya itu, Pemilik mempunyai pikiran yang tenang bahwa propertinya berada di tangan yang tepat dan dikelola dengan baik

Rasa tenang bahwa propertinya berada di tangan yang tepat akan membuat pemilik merekomendasikan kita kepada para relasi atau kerabatnya. Dan ini sangat penting!

Dan semua keinginan pemilik diatas dapat kami realisasikan karena selama masa sewa kami yang akan mengelola rumah tersebut, mulai dari memberikan review pasar terhadap properti, laporan kondisi saat penyewa mulai menyewa dan saat penyewa mengakhiri masa sewa.

Setelah pemilik puas dengan pelayanan kami dan kondisi rumah tersebut juga dalam kondisi baik maka sekarang pertanyaan yang timbul berikutnya adalah, bagaimana penyewa juga dapat terlayani dengan baik selama mereka tinggal di rumah yang mereka sewa selama periode sewa , atau bagaimana seorang marketing dapat mengelola semua hal tersebut (pemilik, penyewa, properti yang disewa) ditengah kesibukan mereka. Disinilah letak seni dalam sewa menyewa, bagaimana kita dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi pemilik, penyewa dan propertinya.

kita harus menyadari bahwa klien kita dalam hal ini adalah pemilik dan penyewa adalah orang orang yang sangat sibuk dan tidak memiliki waktu khusus untuk mengurus properti tersebut, disinilah peran property Management untuk membantu mereka. Bagi kami, marketing lebih baik fokus dan produktif dalam aktivitas pekerjaannya untuk showing, listing, meeting dengan klien dan tetap menjaga hubungan baik dengan klien, sementara masalah pengelolaan properti adalah menjadi bagian kami dalam penanganannya. Sangat penting bagi marketing untuk memperkenalkan tim Property Management kepada kedua belah pihak (pemilik dan penyewa) saat proses serah terima property dilakukan agar mulai saat itu kamilah yang akan mengelola properti selama masa sewa. Rumah yang disewakan kami analogikan seperti wanita atau pria yang cenderung malu malu saat awal pacaran, iya karena biasanya kita mau terlihat menarik atau sempurna di mata pasangan yang kita cintai, tetapi saat hubungan pacaran mulai berlangsung lama atau sudah menikah mungkin kita tidak lagi malu malu bahkan setiap kekurangan kita pasti terlihat di mata pasangan kita. Hal yang sama dengan rumah yang disewakan, rumah pasti terlihat sempurna saat belum ditempati. Tetapi saat rumah mulai ditempati pastinya akan ada masalah yang timbul pada rumah tersebut. Mungkin ac yang bocor, atap bocor, kolam renang bocor, saluran air bermasalah, jaringan listrik yang bermasalah dan lain lainnya. Saat hal itu terjadi maka kami yang akan membantu untuk menyelesaikan masalah tersebut, mulai dari mengirimkan teknisi yang professional untuk pengecekan sampai dengan memastikan bahwa perbaikan tersebut selesai dengan baik dengan biaya yang akan dibebankan kepada pemilik atau penyewa sesuai dengan kontrak yang sudah disetujui bersama.  Sudah menjadi tugas kami untuk membantu penyewa sehingga mereka merasa nyaman dengan rumah tersebut dan pemilik juga tenang dengan propertinya.

Bagaimana cara penyewa menggunakan jasa Property Management atau pengelolaan properti? Penyewa cukup membayar biaya pengelolaan yang sudah disepakati saat mereka akan mulai menyewa rumah dan setelahnya kami yang akan membantu.

Jasa apa saja yang penyewa dapatkan saat mereka menggunakan property management?

  1. Laporan kondisi properti saat masuk dan keluar

Kami akan mendata kondisi properti, baik bagian dalam, luar dan semua fasilitas rumah tersebut, dan data ini akan kami berikan kepada kedua belah pihak dalam bentuk tulisan dan foto.

  1. Inspeksi external (on request by pemilik properti)

Jika pemilik berasumsi bahwa penyewa melakukan hal hal yang bertentangan dengan hukum atau hal lainnya maka pemilik dapat meminta kami untuk melakukan inspeksi pada properti tersebut.

  1. Penagihan biaya sewa kepada penyewa

Kami akan mengingatkan kedua belah pihak setidaknya 4 bulan sebelum masa sewa berakhir apakah kontrak sewa akan dilanjutkan atau dihentikan, dan setelahnya akan kami buatkan nota penagihan biaya sewa kepada penyewa jika kontrak tersebut akan diperpanjang.

  1. Koordinasi perbaikan dan perawatan properti mulai dari awal, selama masa sewa dan akhir

Seperti yang sudah diuraikan diatas bahwa saat adanya kerusakan pada properti dan fasilitasnya maka kami akan membantu mengkoordinasikan mulai dari pengecekan, perbaikan dan sampai selesainya.

  1. Koordinasi pembersihan awal dan akhir

Saat akan dimulainya masa kontrak  maka kami akan berkoordinasi dengan pemilik untuk meyakinkan bahwa rumah tersebut bersih dan layak huni. Dan saat menjelang masa sewa berakhir maka kami akan koordinasikan dengan penyewa untuk hal yang sama.

  1. Koordinasi maintenance dan service AC

AC dalam properti wajib di rawat secara berkala oleh penyewa, kami membantu penyewa untuk memberikan rekomendasi vendor ac terbaik dan akan membantu untuk mengawasi jika semua pekerjaan vendor tersebut berjalan dengan baik.

  1. Peninjauan ulang biaya sewa

Jika penyewa berniat akan memperpanjang masa sewa maka kami akan memberikan rekomendasi dan informasi kepada pemilik mengenai harga yang sedang berlaku saat itu.

  1. Memberikan informasi kepada Pemilik dan Penyewa terkait properti tersebut

Setiap informasi mengenai properti (kondisi rumah, biaya lingkungan, dll) akan kami berikan secara lengkap kepada kedua belah pihak

 

Dari semua uraian diatas maka kita bisa menyimpulkan bahwa Property Management menjadi sangat penting dalam hal sewa menyewa rmah dan kita harus mulai mengedukasi banyak orang terkait hal ini, karena sebenarnya sewa menyewa rumah tidaklah menjadi hal yang merepotkan jika menyertakan Property Management didalamnya. Karena bagi para pemilik yang terpenting adalah mengetahui bahwa propertinya ada di tangan yang tepat dan dikelola dengan baik, dan yang terpenting bagi para penyewa adalah rasa nyaman saat tinggal di rumah tersebut selama masa sewa mereka berlangsung.  

Share
Search
Tag