logo-raywhite-offcanvas

03 Nov 2021

Kenaikan Angka Vaksinasi di Indonesia

Kenaikan Angka Vaksinasi di Indonesia

Kenaikan Angka Vaksinisasi di Indonesia

 

Menurut data pemerintah di laman covid19.go.id, penerima vaksin dosis pertama telah mencapai 120.172.678 orang pada 31 Oktober 2021 lalu. Sedangkan dosis kedua, sudah diterima sebanyak 74.107.278 orang dan dosis ketiga diterima 1.137.972 orang, dengan target sasaran vaksinasi Nasional adalah 208.265.720.

Apabila dibandingkan dengan 30 September 2021 lalu, dilansir dari laman covid19.go.id, vaksin dosis pertama telah diterima oleh 92.335.038 orang, dosis kedua oleh 51.813.727 penerima,  serta sebanyak 940.136 telah menerima dosis ketiga.

Ini menandakan, bahwa vaksinasi dosis pertama sudah menjangkau sebanyak 57,70% populasi, dan untuk dosis kedua, telah menjangkau 35,58% populasi, dari target vaksinasi 208.265.720 orang.

Selain metode rutin vaksinasi berbasis fasilitas pelayanan kesehatan, salah satu terobosan lainnya yang dilakukan untuk meningkatkan angka vaksinasi, yakni dengan membuka beberapa pos vaksinasi di tengah lingkungan warga, untuk mempermudah warga mendapatkan vaksinasi dan dapat lebih banyak lagi menjangkau masyakarat.

Selain itu, pemerintah juga membuka alternatif lain yang bersifat massal, berupa sentra vaksinasi yang dilakukan melalui kerjasama kemitraan dengan pihak swasta dan masyarakat. Dukungan kemitraan baik berupa tempat layanan, tenaga tim vaksinator, edukasi dan mobilisasi masyarakat, sarana dan prasarana efektif, disinyalir dapat mempercepat pencapaian target vaksinasi.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan, juga melakukan strategi sosial untuk menjangkau 100 juta target vaksinasi selanjutnya. Sejatinya, vaksinasi mengemban misi sosial dalam upaya bersama untuk mengurangi laju penularan, sekaligus melindungi seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, vaksinasi harus mampu menjangkau setiap jengkal wilayah Indonesia terutama di daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan sehingga strategi dan pendekatan sosial harus dikedepankan.

Pemerintah juga terus mengupayakan ketersediaan vaksin baik lewat skema multilateral maupun bilateral demi mencukupi stok yang ada saat ini dan menjaga laju vaksinasi sesuai dengan stok vaksin yang ada.

Seluruh masyarakat Indonesia diminta untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, karena dengan vaksinasi dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat, diahrapkan akan semakin banyak masyarakat yang terlindungi dari COVID-19.

Vaksinasi atau imunisasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali bakteri atau virus penyebab infeksi, sehingga tubuh dapat dengan cepat melawan virus atau bakteri tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin COVID-19 adalah dapat menurunnya angka penularan, terlebih angka kematian akibat virus ini. Vaksinasi juga mendorong terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok. Penyebaran vaksin COVID-19 yang aman dan efektif adalah langkah penting dalam upaya global untuk mengakhiri pandemi, agar masyarakat dapat kembali berkegiatan seperti biasa dan bertemu dengan keluarga serta kerabat tercinta.

 

Source : Covid19.go.id, sehatnegeriku.kemkes.go.id, unicef.org/indonesia, kemkes.go.id

Share
Search
Tag