logo-raywhite-offcanvas

15 Apr 2022

Tradisi Paskah di Indonesia, Meriah dan Tetap Khusyuk

Tradisi Paskah di Indonesia, Meriah dan Tetap Khusyuk

Paskah sebagai hari besar Umat Kristiani dirayakan sebagai hari untuk mengenang kebangkitan Yesus Kristus. Perayaan paskah selalu disambut dengan meriah oleh Umat Krtistiani seluruh dunia bahkan suasananya hampir sama dengan hari Raya Natal.  Dalam menyambut hari Paskah, di luar negeri identik dengan menghias telur dan sebagainya. Lalu bagaimana tradisi paskah di Indonesia? Simak pembahasan berikut!

  1. Jalan Salib, Wonogiri

Tradisi ini tidak hanya dilakukan di Indonesia saja tetapi juga dilakukan di beberapa negara. Namun, perayaan jalan salib di Indonesia dapat dikatakan lebih epik karena dilakukan di Gunung Gandul, Wonogiri.

Tradisi jalan salib merupakan tradisi yang sudah ada sejak jaman dahulu dimana umat Kristiani berkumpul dan membuat barisan untuk berjalan bersama sambil berdoa. Pada barisan paling depan akan ada orang yang berperan sebagai Yesus Kristus yang berjalan dengan memanggul salib dan diikuti oleh ribuan umat Kristiani di belakang barisan dan akan berjalan kurang lebih 1 km.

  1. Momentu Mori, Kalimantan Tengah

Umat Kristiani di Kalimantan Tengah memiliki tradisi Momentu Mori pada hari Paskah. Tradisi ini dialukan dengan ziarah ke makam keluarga, bukan hanya berziarah saja namun ada tradisi unik didalamnya. 

Ziarah yang dilakukan oleh umat Kristiani di Kalimantan Tengah dilakukan dari siang hari hingga subuh. Terdapat beberapa prosesi atau doa umat Kristiani. Tradisi Momento Mori sudah ada sejak jaman dulu dan masih terjaga dengan baik hingga saat ini, dan setiap tahunnya tradisi ini dijalankan secara khusyuk.

  1. Semana Santa, Flores Timur

Tradisi Semana Santa di Flores Timur selalu dirayakan dengan meriah namun tetap khusyuk dan suci. Perayaan paskah disana dilakukan selama empat hari beruturut-turut dengan melakukan berbagai prosesi.

Tradisi Semana Santa di Flores Timur antara lain adalah Tikam Puro yang dilaksanakan pada sore hari saat Kamis Putih. Tikam Puro merupakan tradisi umat Kristiani di Flores Timur yang dilakukan dengan cara membuka jalan dan kemudian meletakkan ratusan lilin di sepanjang jalan sebagai pengiring selama tradisi Semana Santa berlangsung.

Penutupan tradisi ini akan ditandai dengan acara pengarakan patung Bunda Maria dan Yesus Kristus secara meriah. Tradisi ini mampu mengundang masyarakat luar daerah sehingga tidak heran bila hari Paskah di Flores Timur selalu disambut dengan ramai.

  1. Kure, Nusa Tenggara Timur

Perayaaan Paskah di Nusa Tenggara Timur selalu menjadi hari yang berarti bagi umat Kristiani di sana. Tradisi Kure sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan masih terjaga hingga saat ini. Tradisi Kure yang dilakukan umat Kristiani di Nusa Tenggara Timur diartikan untuk merawat benda - benda yang dibawa oleh bangsa Portugis yang dinilai berjasa dalam menyebarkan agama Nasrani di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Tradisi Kure diawali dengan pembersihan Patung Bunda Maria dan Yesus Kristus peninggalan bangsa Portugis jaman dahulu, selanjutnya di lanjutkan dengan penyebaran berbagai macam persembahan dan ditutup dengan doa bersama.

  1. Ziarah Gua Maria Sendangsono, Kulon Progo

Tradisi Ziarah Gua Maria Sendangsono memang seperti tradisi pada umumnya. Tradisi ini sudah dilakukan sejak lama hingga menjadi sebuah tradisi bagi umat Kristiani di Kulon Progo, Yogyakarta. Gua Maria Sendangsono sebagai tempat ziarah untuk memanjatkan doa pada hari paskah. Bukan hanya umat Kristiani di Kulon Progo saja yang berdoa dengan khusyuk di Gua Maria melainkan dari daerah lain juga datang untuk berziarah.

Gua Maria Sendangsono sendiri adalah sebuah mata air yang dipercaya dapat memberikan berkah. Mata air yang disebut Tirtawening Banyu Panguripan ini dipercaya apabila membasuhkan diri akan mendapat berkah.

 

Hari Paskah memiliki arti yang sangat penting bagi seluruh Umat Kristiani di dunia. Dirayakan dengan meriah dan juga khusyuk karena dalam hari yang suci bagi Umat Kristiani. Mereka yang merayakan biasanya akan menghabiskan hari bersama keluarga dan orang tercinta.

Rumah merupakan tempat yang paling aman dan nyaman untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang - orang tercinta. Maka dari itu, Ray White Property Management hadir sebagai agen properti terbaik di Jl. MH. Thamrin yang berfokus pada sewa - menyewa dan jual beli properti. Ray White Property Management dapat membantu Anda dalam mewujudkan hunian impian Anda. Anda dapat mengunjungi Ray White Property Management yang berlokasi di Gedung Lippo Thamrin lantai 5 unit 5-02, Jalan M.H Thamrin No.20, Jakarta Pusat atau hubungi kami di 021 2918 5234.

Source : gotravelly.com

Share
Search
Tag