logo-raywhite-offcanvas

29 Apr 2022

Budaya Idul Fitri di Indonesia

Budaya Idul Fitri di Indonesia

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang paling di tunggu oleh seluruh umat Muslim di dunia. Banyak budaya Idul Fitri yang melekat dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Idul Fitri yang lebih dikenal dengan lebaran selalu identik dengan berbagai hal yang paling menyenangkan. Simak pembahasan berikut untuk mengetahui budaya umat Muslim di Indonesia dalam menyambut hari penuh kemenangan.

  1. Mudik

Mudik merupakan aktivitas pulang kampung yang selalu dijalankan oleh masyarakat Indonesia menjelang hari lebaran, terutama bagi para perantau. Libur pada lebaran ini memang merupakan momen yang paling tepat untuk bertemu dengan orang tercinta dan bersilaturahmi.

Para pemudik menggunakan berbagai macam moda transportasi seperti pesawat, kereta, mobil bahkan motor untuk menjumpai keluarga di kampung halaman tercinta.

  1. Takbiran

Takbiran berlangsung pada malam hari sebelum menjelang hari Lebaran. Orang - orang akan berkeliling dan mengumandangkan Takbir dengan membawa beduk. Malam takbiran disambut begitu meriah, pawai Takbiran biasanya berbeda disetiap daerah.

  1. Parcel Lebaran

Membagikan parcel kepada para kerabat dan saudara pada saat hari Lebaran sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia sejak dahulu. Parcel  biasanya berisikan minuman, makanan atau souvenir khas lebaran.

  1. Baju Lebaran

Mungkin sudah menjadi hal yang paling ditunggu saat Lebaran yaitu mengenakan baju baru yang dibeli khusus untuk dikenakan saat Lebaran. Budaya ini sudah sangat melekat di Indonesia. Namun, tradisi membeli baju lebaran menurut Islam tidak di haruskan. Tetapi, berhias diri lebih di anjurkan.

  1. THR (Tunjangan Hari Raya)

THR adalah sejumlah uang yang diberikan perusahaan kepada karyawan menjelang Lebaran. Namun, bukan hanya perusahaan saja yang akan memberikan THR kepada karyawannya melainkan masyarakat juga memiliki tradisi berbagi amplop saat lebaran. Baik itu antara orang tua kepada anak atau paman kepada keponakannya. Budaya satu ini merupakan hal yang paling di tunggu - tunggu khususnya oleh para anak kecil. Biasanya orang dewasa yang sudah berpenghasilan akan membagikan amplop sebagai THR kepada anak - anak kecil.

  1. Ziarah atau Nyekar

Melakukan ziarah atau nyekar ke makam keluarga merupakan salah satu budaya Lebaran di Indonesia. Biasanya ziarah kubur dilakukan setelah sholat Idul Fitri atau pagi hari saat Lebaran pertama. Orang - orang yang mendatangi makam akan berdoa bagi keluarga atau saudara yang sudah meninggal dunia.

  1. Halal Bihalal

Halal bihalal merupakan sebuah tradisi yang sudah sejak lama. Setiap orang akan saling mengunjungi para saudara, kerabat, tetangga dan teman - teman untuk bersilaturahmi dan  merayakan hari Lebaran

      8. Ketupat

Indonesia memiliki makanan khas Lebaran yaitu ketupat. Di beberapa negara lain juga memiliki makanan khas Lebaran. Ketupat merupakan makanan wajib di hari Lebaran, dan hampir disetiap rumah yang merayakan lebaran akan menyajikan ketupat dengan ditemani lauk pendampingnya seperti opor, sambal goreng, rendang, dsb.

Menyantap Ketupat di hari Lebaran sudah menjadi budaya yang tidak pernah ketinggalan di Indonesia. Menikmatinya bersama keluarga di rumah adalah momen yang tidak akan terlupakan. Dan karena itu memiliki rumah yang nyaman pasti menjadi impian setiap orang, khususnya untuk menghabiskan waktu Bersama di momen spesial seperti hari Lebaran. Ray White Property Management hadir sebagai agen properti terbaik di Jl. MH. Thamrin yang berfokus pada sewa - menyewa dan jual beli properti di Thamrin. Ray White Property Management dapat membantu Anda dalam mewujudkan hunian impian Anda. Anda dapat mengunjungi Ray White Property Management yang berlokasi di Gedung Lippo Thamrin lantai 5 unit 5 - 02, Jalan M.H Thamrin No.20, Jakarta Pusat atau hubungi kami di 021 2918 5234

Share
Search
Tag